Kajian Islam

Emha Ainun Nadjib: Gusti Allah Tidak “Ndeso”
Beragama yang Tidak Korupsi

Oleh: Faisal

Suatu kali Emha Ainun Nadjib ditodong pertanyaan beruntun. “Cak Nun,” kata sang penanya, “misalnya pada waktu bersamaan tiba-tiba sampeyanmenghadapi tiga pilihan, yang harus dipilih salah satu:  pergi ke masjid untuk shalat Jumat, mengantar pacar berenang, atau mengantar tukang becak miskin ke rumah sakit akibat tabrak lari, mana yang sampeyan pilih?

Cak Nun menjawab lantang, “Ya nolong orang kecelakaan.”
“Tapi sampeyan kan dosa karena tidak sembahyang?” kejar si penanya.
“Ah, mosok Gusti Allah ndeso gitu,” jawab Cak Nun.
“Kalau saya memilih shalat Jumat, itu namanya mau masuk surga tidak ngajak-ngajak, ” katanya lagi. “Dan lagi belum tentu Tuhan memasukkan ke surga orang yang
memperlakukan sembahyang sebagai credit point pribadi.

Bagi kita yang menjumpai orang yang saat itu juga  harus ditolong, Tuhan tidak berada di mesjid,
melainkan pada diri orang yang kecelakaan itu. Tuhan mengidentifikasikan dirinya pada…

Lihat pos aslinya 900 kata lagi

Iklan

SURAT DARI BAYI ABORSI

SURAT DARI BAYI YANG DIABORSI.

Assalamu’alaikum.
Teruntuk: Bundaku tersayang.

Dear Bunda Bagaimana kabar bunda hari ini?
Smoga bunda baik-baik saja
nanda juga di sini baik-baik saja
bunda
Allah sayang banget deh sama
nanda. Allah juga yang menyuruh nanda
menulis surat ini untuk bunda,
sebagai bukti cinta nanda sama
bunda. Bunda, ingin sekali nanda menyapa
perempuan yang telah merelakan
rahimnya untuk nanda diami
walaupun hanya sesaat Bunda, sebenarnya nanda ingin
lebih lama nebeng di rahim bunda,
ruang yang kata Allah paling kokoh
dan paling aman di dunia ini.
tapi rupanya bunda tidak
menginginkan kehadiran nanda, jadi sebagai anak yang baik, nanda
pun rela menukarkan kehidupan
nanda demi kebahagiaan bunda.
Walaupun dulu, waktu bunda
meluruhkan nanda, sakit banget
bunda, badan nanda rasanya seperti tercabik-cabik dan keluar
sebagai gumpalan darah yang
menjijikan apalagi hati nanda,
nyeri, merasa seperti aib yang
tidak dihargai dan tidak diinginkan. Tapi nanda tidak kecewa kok
bunda, karena dengan begitu,
bunda telah mengantarkan nanda
untuk bertemu dan dijaga oleh
Allah bahkan nanda dirawat
dengan penuh kasih sayang di dalam syurga Nya. Bunda, nanda mau cerita, dulu
nanda pernah menangis dan
bertanya kepada Allah, mengapa
bunda meluruhkan nanda saat
nanda masih berupa wujud yang
belum sempurna dan membiarkan nanda sendirian di sini? Apa bunda
tidak sayang sama nanda? Bunda
tidak ingin mencium nanda? Atau
jangan-jangan karena nanti nanda
rewel dan suka mengompol
sembarangan? Lalu Allah bilang, bunda kamu malu sayang, kenapa
bunda malu? karena dia takut
kamu dilahirkan sebagai anak
haram, anak haram itu apa ya
Allah? Anak haram itu anak yang
dilahirkan tanpa ayah, Nanda bingung dan bertanya lagi sama
Allah, ya Allah, bukannya setiap
anak itu pasti punya ayah dan
ibu? Kecuali nabi Adam dan Isa?
Allah yang Maha Tahu menjawab
bahwa bunda dan ayah memproses nanda bukan dalam ikatan
pernikahan yang syah dan Allah
Ridhoi. Nanda semakin bingung dan
akhirnya nanda putuskan untuk
diam. Bunda, nanda malu terus-terusan
nanya sama Allah, walaupun Dia
selalu menjawab semua
pertanyaan nanda tapi nanda mau
nanyanya sama bunda aja,
pernikahan itu apa sih? Kenapa bunda tidak menikah saja dengan
ayah? Kenapa bunda membuat
nanda jadi anak haram dan
mengapa bunda mengusir nanda
dari rahim bunda dan tidak
memberi kesempatan nanda hidup di dunia dan berbakti kepada
bunda?
Hehehehe….
maaf ya bunda, nanda bawel
banget, nanti saja, nanda
tanyakan bunda kalau kita ketemu. Oh ya Bunda, suatu hari malaikat
pernah mengajak jalan-jalan nanda
ke tempat yang katanya bernama
neraka. Tempat itu sangat
menyeramkan dan sangat jauh
berbeda dengan tempat tinggal nanda di syurga. Di situ banyak
orang yang dibakar pake api lho
bunda, minumnya juga pake nanah
dan makannya buah-buahan aneh,
banyak durinya, yang paling parah,
ada perempuan yang ditusuk dan dibakar kaya sate gitu, serem
banget deh bunda. Lagi ngeri-ngerinya, tiba-tiba
malaikat bilang sama nanda, Nak,
kalau bunda dan ayahmu tidak
bertaubat kelak di situlah
tempatnya, di situlah orang yang
berzina akan tinggal dan disiksa selamanya. Seketika itu nanda
menangis dan berteriak-teriak
memohon agar bunda dan ayah
jangan dimasukkan ke situ, nanda
sayang bunda, nanda kangen dan
ingin bertemu bunda, nanda ingin merasakan lembutnya belaian
tangan bunda dan nanda ingin kita
tinggal bersama di syurga, nanda
takut, bunda dan ayah kesakitan
seperti orang-orang itu. Lalu, dengan lembut malaikat
berkata….
nak, kata Allah kalau kamu sayang,
mau bertemu dan ingin ayah
bundamu tinggal di syurga
bersamamu, tulislah surat untuk mereka…
sampaikan berita baik bahwa kamu
tinggal di syurga dan ingin mereka
ikut, ajaklah mereka bertaubat
dan sampaikan juga kabar buruk,
bahwa jika mereka tidak bertaubat mereka akan disiksa di
neraka seperti orang-orang itu. Saat mendengar itu, segera saja
nanda menulis surat ini untuk
bunda, menurut nanda Allah itu
baik banget bunda, Allah akan
memaafkan semua kesalahan
makhluk Nya asal mereka mau bertaubat nasuha, bunda taubat
ya? Ajak ayah juga, nanti biar kita
bisa kumpul bareng di sini, nanti
nanda jemput bunda dan ayah di
padang Mahsyar deh, nanda janji
mau bawain minuman dan payung buat ayah dan bunda, soalnya
kata Allah di sana panas banget
bunda, antriannya juga panjang,
semua orang sejak jaman nabi
Adam kumpul disitu….
tapi bunda jangan khawatir, Allah janji, walaupun rame kalo bunda
dan ayah benar-benar bertaubat
dan jadi orang yang baik, pasti
nanda bisa ketemu kalian. Bunda, kasih kesempatan buat
nanda yaaa, biar nanda bisa
merasakan nikmatnya bertemu
dan berbakti kepada orang tua,
nanda juga mohon banget sama
bunda, jangan sampai adik-adik nanda mengalami nasib yang sama
dengan nanda, biarlah nanda saja
yang merasakan sakitnya
ketersia-siaan itu. Tolong ya
bunda, kasih adik-adik kesempatan
untuk hidup di dunia menemani dan merawat bunda saat bunda tua
kelak. Sudah dulu ya bunda, nanda mau
main-main dulu di syurga, nanda
tunggu kedatangan ayah dan
bunda di sini, nanda sayang banget
sama bunda

PENYATUAN ZONA WAKTU

“Penyatuan zona waktu Indonesia”

Pemerintah berencana
menyatukan wilayah waktu
Indonesia yang sekarang ini
dibagi menjadi tiga zona
waktu, yaitu Waktu Indonesia
bagian Barat (WIB), Tengah (Wita), dan Timur (WIT).
Rencananya, pemerintah akan
memakai zona waktu WITA
sebagai patokan. Hal ini
dilakukan, di antaranya, demi
efisiensi birokrasi dan peningkatan daya saing
ekonomi. “(Penyatuan waktu) untuk
(peningkatan) national
productivity yang tadinya kita
hanya 190 juta penduduk
yang jamnya sama (dalam
zona WIB) sekarang 240 juta penduduk,” sebut Edib Muslim,
Kadiv Humas dan Promosi
KP3EI (Komite Percepatan dan
Perluasan Pembangunan
Ekonomi Indonesia), dalam
workshop internalisasi MP3EI kepada insan pers, di Bogor,
Sabtu (10/3/2012). Sekarang ini, seperti yang
kita ketahui Indonesia terbagi
dalam tiga zona waktu,
dengan perhitungan selisih
antara zona waktu satu
dengan yang lainnya adalah satu jam. Hal Ini rupanya
dinilai oleh pemerintah tidak
efektif, sebagai contoh, dalam
waktu dagang antara dunia
usaha di zona WIT dan WIB.
Perhitungan KP3EI, jika jam transaksi perdagangan umum
di Jakarta dimulai pukul 09.00
WIB dan berakhir pukul 17.00
WIB, maka waktu efektif
berdagang antara dunia
usaha di WIT dan WIB hanya 4 jam. Oleh karena itu, kata Edib
Muslim, penyatuan waktu
dilakukan demi mendorong
peningkatan kinerja birokrasi
dari Sabang hingga Merauke.
Hal yang menjadi bagian dalam kerangka kerja KP3EI ini juga
dimaksudkan untuk
mendorong daya saing bangsa
dalam hal sosial-politik,
ekonomi, hingga ekologi. Perhitungan KP3EI, dengan
samanya ruang waktu yang
berpatokan pada GMT+8
(Wita) maka masyarakat yang
berada di kawasan tengah
dan timur Indonesia bisa mempunyai ruang transaksi
yang lebih banyak untuk
bertransaksi dengan
masyarakat di kawasan barat
Indonesia. Edib menambahkan, GMT+8
dipilih pemerintah dengan
alasan sebagai tengah-tengah
antara WIB dan WIT. Namun,
mengenai hal ini, pemerintah
masih akan membicarakannya lebih lanjut. “GMT+8 adalah
menyampaikan Indonesia
menjadi satu waktu,” pungkas
Edib

My Blo6

 

 

wanita adalah salah satu jenis mahluk hidup yang paling indah di dunia ini. Pesona yang ditimbulkan oleh para wanita tentu saja tidak dapat diragukan lagi kehebatan, bahkan beberapa pemimpin dunia pernah jatuh akibat sosok yang bernama wanita ini. Tetapi tidak jarang pula pemimpin-pemimpin yang berhasil karena mendapat dorongan motivasi dari seorang wanita.

Dalam dunia anak muda, sering kali kita dipusingkan dengan masalah perwanitaan, mulai dari gaya hidupnya, gerak deriknya, cara bicaranya dll. Jika ditulis satu persatu g kan habis habis kehebatan seorang wanita. Jadi kita akan mengawalinya dengan wanita yang kita idamkan saja. Saya menulis ini karena bosan selalu ditanya tentang wanita seperti apa sih yang saya cari? Hampir disetiap tempat ngumpul, sering sekali pertanyaan ini muncul, karena semenjak putus beberapa bulan lalu dan mungkin pengalaman gaya pacaran saya yang sebelumnya tidak pernah bertahan lama memunculkan tanda tanya dari temen-temen..hihihi

Lihat pos aslinya 764 kata lagi

My Blo6

 

Satu hal sebagai bahan renungan Kita…
Tuk merenungkan indahnya malam pertama
Hari itu…mempelai sangat dimanjakan
Mandipun…harus dimandikan
Seluruh badan Kita terbuka….
Tak Ada sehelai benangpun menutupinya. .
Tak Ada sedikitpun rasa malu…
Seluruh badan digosok Dan dibersihkan

Lihat pos aslinya 442 kata lagi

My Blo6

knowledge-against-prison11Setiap orang pasti berbuat salah, dan betapa banyak kesalahan dan dosa yang diperbuat anak keturunan Adam. Seandainya Allah Ta’ala membalas dengan keadilan-Nya, niscaya setiap dosa dan kesalahan manusia tidak ada yang selamat dari siksaan-Nya. Namun rahmat Allah ‘Azza wa jalla sangat luas memenuhi seluruh makhluk-Nya. Di antara wujud rahmat Allah Ta’ala tersebut, yaitu pengampunan dosa dan kesalahan yang diperbuat hamba-hamba-Nya. Dalam hadits yang mulia ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan ada tiga faktor yang menjadi penyebab dosa manusia mendapat ampunan. Faktor pertama, yaitu doa dengan mengharap ampunan Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Lihat pos aslinya 480 kata lagi

My Blo6

Teringat dengan ngemeng2 gue n temen2 waktu ditaman, dsna ada 2 orang cow termasuk gue n 4 orang cew. Kita waktu itu ngemeng2 buat nungguin kuliah, dan akhirnya gue nanya iseng “kenapa sih byk wanita tuh g maw make krudung atau jilbab?malahan kebanyakan diantara mereka malahan bangga memperlihatkan yg seharusnya tidak mereka perlihatkan?” humm… masing2 temen gue saling mengutarakan alasan2nya, ada yg sama dan ada pula yang berbeda. Yaah diantara pembicaraan kami, ada beberapa argumen yang masih gue inget sampe skrg..diantaranya:

Lihat pos aslinya 535 kata lagi